SENTUHAN SENI DI FILM HOLYWOOD : GREEN SCREEN


Hallo sobat seniman, udah nonton film farious 7 belum?. Keren gak sih aksi the rock dkk, yah walaupun paul walker udah tiada huhuhu...--nangis ceritanya-- tapi gak kalah seru ama film-film pendahulunya kan?. Scene favorit ane tuh yang pas terjun dari pesawat diatas ketinggian ratusan kaki pake mobil, wuih serem abis..., tapi adegan ekstream kayak gitu beneran gak sih?.
Ya engga lah.
Trus kok bisa kaya gitu?.
Ya bisa dong, kan ada yang namanya teknologi CGI.
Apa itu CGI?.
CGI (Computer Generated Imagery) yaitu penerapan pencitraan grafis dengan menggunakan animasi 3 Dimensi untuk visual efek khusus. CGI biasa digunakan dalam film, program televisi dan iklan, atau di media cetak.
CGI dalam film biasanya digunakan untuk efek visual yang sulit dilakukan dengan adegan nyata misal pergi ke angkasa, robot-robot, dan lain-lain. Selain itu penggunaan CGI juga mampu memangkas biaya produksi sebuah film namun hasil yang di berikan tetap memuaskan. Berbicara mengenai teknologi CGI tak lepas dari yang namanya green screen. Pertanyaan selanjutnya adalah, apa itu green screen?.
Green Screen adalah layar yang digunakan untuk mengganti background dalam film dan bisa digunakan juga untuk memadukan objek nyata dengan objek 3D sehingga menjadi sebuah film yang keren. Dan sudah jelas, warnanya hijau.
Holywood telah menjadi “kiblat”dari film-film blockbuster dengan budget super besar. Hampir semua film-filmnya menggunakan teknologi canggih green screen baik itu genre action, horror, bahkan drama sekalipun. Mau bukti? Liat gambar-gambar di bawah ini.

Ini adalah adegan di film “Man of Steel” ketika ayah superman mengirimnya ke bumi.

Bahkan untuk scene mudah seperti gambar diatas pun menggunakan CGI.

Perlu imaginasi tinggi untuk memerankan tentara yang berpura-pura tengah memburu kadal raksasa.

Lagi-lagi scene yang sepele menggunakan green screen.

Bayangin kalo pemain film harus benar-benar melompat diatas bus yang tengah meledak. Lain ceritanya kalo pake green screen.

Nyari pemeran film yang punya badan segede hulk?, nyari dimana coba.

Film fantasy dengan pemandangan fiktif sulit diwujudkan jika tidak ada teknologi yang mumpuni. Apa iya mau buat properti gunung dari styrofoam?, repot amat kayaknya.

Green screen mampu membuat tampilan visual dan nuansa kota di dalam studio dengan biaya murah tentunya.

Pemandangan luar biasa diatas ternyata hasil rekayasa CGI. Kok mirip aslinya ya?.

Para kera dalam film “dawn to planet of apes” digerakan melalui sensor yang ada pada pemainnya. Jadi, apapun yang di lakukan si pemain si kera ngikutin.

Ngeliat vin diesel pake mobil kece sih udah biasa, lah ini......

bahkan superman butuh bantuan dari green screen.


Demikan beberapa gambar yang berhasil ane rangkum dengan kata kunci green screen. Sekarang coba liat gambar di bawah ini sebagai perbandingan.








Bener kata yao-ming ”persetan dgn banjir, mending gue naik ini”.
Indos*iar just kidding oke!!

Comments

Popular posts from this blog

Baca Komik Marvel Gratis : Deadpool Annual

LOGAM FIKSI DARI DUNIA MARVEL DAN DC

FILM-FILM COMEDY INI BIKIN KAMU NGAKAK SENDIRI!