FICTIONAL BAYANI NG PINOY : PAHLAWAN FIKSI DARI NEGARA FILIPINA


Ketenaran komik-komik superhero ternyata merambah ke seluruh dunia, termasuk didalamnya adalah Asia Tenggara. Salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak superhero lokal adalah Filipina. Negara ini memang rajin membuat tokoh-tokoh superhero lokal karena mungkin disana memang memiliki banyak Fan Base superhero. Selain itu, iklim bisnis komik superhero disana memang sangat bagus sehingga lahir lah beberapa superhero lokal. Dibawah ini ada beberapa list superhero dari Filipina.

1. Lagim


Lagim merupakan Veteran Perang Dunia II yang ingin membebaskan Filipina dari isolasi tentara Jepang. Lagim kemudian mendapatkan bantuan dari Dr. Malasakit, ilmuwan yang menciptakan helm canggih yang dapat melipat-gandakan kekuatan pemakainya. Selain helm yang dipakai Lagim, Dr. Malasakit juga mendesign kostum yang cocok dengan helm tersebut. Kelemahan Lagim adalah ia tidak kebal terhadap peluru.

2. Kalayaan


Kalayaan memiliki makna dalam bahasa Filipina yang berarti "kebebasan". Nama asli dari Kalayaan adalah John Dela Vega, seorang pria yang sejak kecil ditinggalkan ibunya dan tinggal bersama ayahnya yang pengangguran dan tukang mabuk. Kehidupannya berubah ketika ia menyelamatkan seorang ahli genetika bernama Rhea Calalang. Terkesan dengan keberanian dan skill bertarung yang dimilikinya, Rhea menyakinkan John untuk mengambil bagian dalam project Kalayaan, sebuah prosedur Eksperimental untuk mengubah manusia menjadi manusia super. Akhirnya John memberanikan diri untuk ikut dalam project tersebut yang membuat John diberkahi kemampuan super, dan menamai dirinya dengan "Kalayaan".

3. Ipo-Ipo


Seperti namanya, Ipo-Ipo yang berarti angin puyuh atau tornado dalam bahasa Filipina, merupakan superhero yang memiliki kekuatan dari tornado. Ia mampu merubah dirinya menjadi tornado, berlari cepat dan tahan terhadap peluru. Tubuhnya mampu meniru kepadatan molekul gas atau angin, sehingga ketika peluru mengenai tubuhnya, peluru tersebut hanya lewat menembus udara kosong. Tidak banyak informasi dari superhero berkostum pertama dari filipina ini.

4. Kapitan Kidlat


Sejenak, nama Kapitan Kidlat terdengar seperti nama superhero dari Indonesia. Namun, superhero yang satu ini berasal dari Filipina. Mungkin karena masih serumpun dengan Indonesia sehingga ada beberapa kata dari bahasa Filipina yang masih sama dengan bahasa Indonesia. Inocencio Santos atau biasa dipanggil Kapitan Kidlat adalah pria pemalu nan baik yang bekerja di sebuah kantor polisi. Suatu hari, ia diberi kekuatan oleh Dewa Zeus yang memungkinkan dirinya memiliki kemampuan untuk terbang dan menembakan petir dari tangannya. Untuk memanggil kekuatan tersebut, Inocencio harus mengatakan sebuah mantra "Kapitan Kidlat, Ngayon!" dan berubahlah ia menjadi Kapitan Kidlat.

5. Captain Barbell


Selalu menjadi korban bully di lingkungannya, Enteng A.K.A Captain Barbell memutuskan untuk membentuk tubuhnya agar ia mampu membela diri. Namun karena ia tidak memiliki peralatan yang memadai, ia justru semakin di-bully. Ketika Enteng kehilangan harapan, seorang pertapa mendekatinya dan memberikan sebuah barbell berkarat. Jika ia percaya dan mampu mengangkat barbell tersebut diatas kepalanya, maka ia akan mendapatkan kekuatan. Ia selalu mencoba apa yang dikatakan oleh sang pertapa, namun kekuatan yang diidam-idamkannya tak kunjung datang. Suatu saat, ketika Enteng tengah mengangkat tinggi-tinggi barbell diatas kepalanya, ia terkena sambaran petir dan tubuhnya berubah menjadi dewasa. Sambaran petir tersebut membuat Enteng mampu terbang dan memiliki kekuatan petir. Barbell yang berkarat tersebut berubah menjadi barbell emas. Enteng akhirnya memutuskan untuk memulai karir di bisnis superhero bernama Bludgeoning Superhero Business.

Itulah beberapa superhero dari negara Filipina

-the end-

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Baca Komik Marvel Gratis : Deadpool Annual

FILM-FILM COMEDY INI BIKIN KAMU NGAKAK SENDIRI!

LOGAM FIKSI DARI DUNIA MARVEL DAN DC